140 Siswa SMK Ikuti Pelatihan Kejuruan di PPKD Jakarta Timur

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT – Sebanyak 140 siswa dari tujuh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta di Jakarta Timur mendapat pembinaan dari Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur.

Kepala PPKD Jakarta Timur Ahmad Sotar Harahap mengatakan pelatihan diberikan guna memantapkan kemampuan kejuruan yang didapat di sekolah.

Kejuruan yang dibuka yakni teknik komputer, teknik pendingin, operator komputer, desain grafis, sepeda motor, otomotif roda empat, dan teknik las.

“Setiap kelas diikuti 20 siswa dan akan diberikan materi secara teori maupun praktik serta didampingi instruktur dari PPKD Jakarta Timur,” kata Sotar di Jakarta Timur, Senin (16/12/2019).

Pelatihan yang diberikan instruktur PPKD Jakarta Timur berlangsung dari tanggal 10 hingga 23 Desember 2019 mendatang.

Sotar menuturkan pelatihan hasil kerja sama PPKD Jakarta Timur dengan tujuh SMK diharap bisa mempermudah mereka mendapat kerja.

“Jadi sebelum mereka melamar kerja keterampilan yang didapatkan ini bisa dijadikan modal oleh mereka,” ujarnya.

Hal ini juga guna menekan angka pengangguran usia produktif di DKI Jakarta, khususnya yang berasal dari lulusan SMK.

Siswa warga DKI yang tak berkesempatan kuliah pun dipersilakan mengikuti pelatihan di PPKD Jakarta Timur secara gratis.

“Ke depan setelah lulus SMK mereka yang mungkin memiliki keterbatasan untuk lanjut S-1 bisa mendaftarkan diri jadi peserta pelatihan reguler di PPKD,” tuturnya

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul 140 Siswa SMK Ikuti Pelatihan Kejuruan di PPKD Jakarta Timur, https://jakarta.tribunnews.com/2019/12/16/140-siswa-smk-ikuti-pelatihan-kejuruan-di-ppkd-jakarta-timur.
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar